Pemasupatian Angga Sisya BWSG

Om Swastyastu.

Pemasupatian Angga Semeton/Sisya BWSG Bali dilaksanakan hampir setiap enam bulan sekali, tepatnya setiap Hari Tumpek Landep, karena pada saat itu adalah dilaksanakannya Upacara Piodalan Sang Hyang Aji Kandapat.

Kali ini, pelaksanaan Piodalan Sang Hyang Aji Kanda Pat dilaksanakan pada Hari Sabtu, Wuku Landep Tanggal 11 September 2021 yang dipusatkan pada dua wilayah/tempat, yakni di Sekretariat BWSG Bali dan di Pelataran Wantilan Pura Hyang Sangkur Pantai Lembeng bypass IB Mantra, Desa Adat Ketewel, Kec. Sukawati-Gianyar.

Prosesi Piodalan Sang Hyang Aji Kanda Pat di Sekretariat BWSG Bali di mulai dari pk. 13.00-20.00 bergelombang dengan mengingat masih dalam suasana PPKM yang meliputi muspa, melukat, merajah, natab banten pasupati dan kemudian selanjutnya pada pk. 21.00-24.30 acara diarahkan serta dilaksanakan di Pantai Lembeng khususnya di Pura Hyang Sangkur guna melaksanakan acara puncak Pemasupatian Angga (tubuh) sisya BWSG Bali seluruhnya dengan menggunakan kereb milik semeton masing-masing, yang telah dipasupati pada siang harinya.

Ritual atau prosesi tersebut berjalan lancar tanpa ada hambatan, baik sekala maupun niskala, walau di wilayah sekitar di guyur hujan rintik-rintik, seakan-akan menjadi saksi dan bukti pemasupatian tersebut telah mendapat persetujuan niskala.

Related Posts

160 Comments